Sabtu, 12 April 2014

Buah-buahan yang mengandung vitamin

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Vitamin A memiliki peran yang penting bagi kesehatan indera penglihatan dan daya tahan tubuh yang baik. Tubuh memerlukan vitamin A agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin A bisa ditemukan baik pada makanan nabati maupun hewani. Pada makanan nabati, vitamin A banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A misalnya buah apel, buah pisang, pepaya, kesemek, serta strawberry. Sayuran yang banyak mengandung vitamin A misalnya tomat, wortel, kangkung, terong, labu kuning, semanggi, kacang panjang, dan rumput laut. Pada biji-bijian, vitamin A banyak terdapat pada kacang merah dan kacang ercis. Sedangkan makanan hewani yang mengandung vitamin A misalnya minyak ikan, susu, keju, hati, dan telur. 

Buah-buahan yang mengandung vitamin A

Beberapa buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A diantaranya adalah :

Apel

Buah apel banyak mengandung vitamin. Misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C. Buah apel juga banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Selain vitamin dan mineral, buah apel banyak mengandung serat, sehingga apel cocok untuk orang yang sedang diet. Serat bisa menunda rasa lapar datang lebih cepat. Serat berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat di dalam tubuh sebelum akhirnya dibuang.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin A. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan tubuh, dan sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat. Salah satu kelebihan pisang yaitu mudah dicerna, sehingga pisang merupakan sumber tenaga yang cepat dan baik. Selain itu, pisang juga dapat membantu menghilangkan rasa capek setelah bekerja atau berolah raga.

Pepaya

Pepaya mengandung sejumlah vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Buah pepaya bermanfaat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan. Pohon pepaya termasuk pohon yang memiliki banyak manfaat. Selain buah dan daunnya, biji pepaya juga sangat baik untuk membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Kandungan antiseptiknya membantu menjaga sistem pencernaan dari bakteri.

Sayuran yang banyak mengandung vitamin A

Selain buah-buahan, vitamin A juga banyak ditemukan dalam sayuran. Sayuran yang mengandung vitamin A sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar kandungan vitamin A-nya hilang. Sayuran yang banyak mengandung vitamin A misalnya sebagai berikut :

Tomat

Tomat adalah buah yang “aneh”. Orang banyak yang lebih suka menggolongkan tomat sebagai “sayuran” daripada sebagai “buah”. Apapun, tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin A dan juga vitamin C. Kandungan vitamin A nya mencapai 1600 IU, sehingga tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan kandungan vitamin C pada tomat dapat mencapai 35 mg. Tomat yang berukuran sedang, sedikitnya terkandung 30 kalori di dalamnya. Tomat juga sangat baik untuk memelihara kesehatan gusi dan mempercepat kesembuhan luka.
Menurut seorang dokter spesialis nutrisi, tomat mengandung berbagai zat yang berguna bagi tubuh. Misalnya, protein, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan betakaroten jenis likopen.

Wortel

Wortel sudah lama terkenal sebagai sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Wortel sangat baik bagi kesehatan indera penglihatan. Selain itu, wortel juga dapat menurunkan hipertensi dan mengurangi nyeri saat menstruasi. Wortel juga bisa untuk menghaluskan kulit wajah karena wortel pun ternyata dapat dibuat sebagai masker wajah.

Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin A yang baik. Bayam mengandung beta karoten yang hampir setara dengan wortel. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang tinggi. Bayam yang berwarna tua sangat baik bagi kesehatan mata. Manfaat bayam lainnya misalnya melawan infeksi yang menyerang tubuh, memicu pertumbuhan, sebagai antioksidan, dan bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Bagi yang sedang bermasalah dengan ginjal dapat mengkonsumsi bayam dengan cara direbus.

Labu kuning

Labu kuning banyak mengandung vitamin A dan baik bagi kesehatan pencernaan. Labu kuning banyak dijumpai saat bulan Ramadhan dan banyak dimanfaatkan untuk berbuka puasa.

Cabai Merah

Ini cukup mengagetkan. Cabe merah ternyata banyak mengandung vitamin A. Selama ini cabe merah banyak dikenal hanya karena rasanya yang pedas, sebagai bumbu dapur dan untuk menghangatkan tubuh.

Vitamin B1
Penting untuk memori dan fungsi otak. Vitamin B1 juga membantu dalam memproduksi energi. Sumber Vitamin B1 adalah biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, kecambah, gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan kering, ercis, dan lain-lain. Contohnya adalah kacang polong, kacang, beras merah, selada air, asparagus, bayam, kubis Brussel, kembang kol, pecan dan kacang Brazil.
Kekurangan Vitamin B1 akan menyebabkan penyakit beri-beri. Gejala penyakit sistem saraf termasuk penurunan berat badan, gangguan emosi,  Wernicke’s encephalopathy (gangguan sensorik persepsi), kelemahan dan nyeri pada anggota badan, periode detak jantung tidak teratur, dan edema (pembengkakan jaringan tubuh). Gagal jantung dan kematian dapat terjadi dalam kasus-kasus lanjutan. Kekurangan Tiamin kronis juga dapat menyebabkan Korsakoff’s syndrome, an irreversible psychosis ditandai dengan amnesia dan confabulation.
Vitamin B2
Penting untuk kesehatan rambut, kulit, mata dan produksi energi. Vitamin B1 akan rusak di bawah sinar matahari, makanan kaya B2 perlu dijauhkan dari matahari langsung. Sumber vitamin B2, atau riboflavin, dalam hati sapi, daging sapi, ayam, salmon liar, telur, jamur, almond, bayam, brokoli dan asparagus.
Kekurangan menyebabkan ariboflavinosis. Gejala mungkin termasuk cheilosis (bibir pecah pecah), sensitif terhadap sinar matahari, angular cheilitis, glossitis (peradangan lidah), seborrheic dermatitis atau pseudo-syphilis (terutama mempengaruhi skrotum atau labia majora dan mulut), faringitis (sakit tenggorokan), hyperemia, dan edema mukosa faring dan lisan.
Vitamin B3
Penting untuk produksi energi, fungsi otak, kesehatan kulit dan regulasi gula darah. vitamin ini juga membantu mengatur kadar kolesterol dan dapat ditemukan di daging sapi, ayam, kalkun, salmon liar, kacang lima, lentil dan asparagus.
Kekurangan B3, bersama dengan kekurangan triptofan menyebabkan pellagra. Gejala termasuk agresi, dermatitis, insomnia, kelemahan, kebingungan mental, dan diare. Dalam kasus-kasus lanjutan, pellagra dapat menyebabkan demensia dan kematian (3(+1) Ds: dermatitis, diare, demensia, dan kematian).
Vitamin B5
Vitamin B5 sangat penting untuk energi, kulit, rambut dan kesehatan sistem saraf. Selain itu juga membantu menghasilkan hormon kortisol,  hormon yang membantu dengan stres dan bertindak sebagai anti-inflamasi. Asam Pantotenat, nama lain untuk B5, banyak ditemukan pada ayam, telur, kacang, kacang polong, brokoli, alpukat, ubi jalar, dan jamur.
Kekurangan dapat menyebabkan jerawat dan paresthesia, meskipun jarang.
Vitamin B6
Vitamin B6 untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem saraf yang sehat. B6, atau pyridoxine, juga telah ditemukan membantu mencegah kanker prostat dan payudara. Hal ini juga membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi. Vitamin ini dapat ditemukan dalam daging sapi, ayam, kalkun, salmon liar, beras coklat, kacang hijau, kentang, bayam, collard greens, alpukat dan pisang.
Kekurangan dapat mengakibatkan microcytic anemia (karena pyridoxyl fosfat adalah kofaktor untuk sintesis heme), depresi, dermatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi), retensi air, dan peningkatan kadar homosistein
Vitamin B7
Kesehatan rambut, kulit dan kuku tergantung pada biotin. Hal ini juga penting dalam pemecahan glukosa. Biotin dapat ditemukan di hati, telur, kedelai, kacang, kacang polong, oatmeal, mentega, pisang dan jamur.
Kekurangan biasanya tidak menyebabkan gejala pada orang dewasa tetapi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan gangguan neurologis pada bayi.
Vitamin B9
Vitamin B9 atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam folat ini penting untuk wanita hamil untuk membantu dalam perkembangan bayi. Hal ini juga baik untuk jantung dan kesehatan mental. Beberapa sumber folic acid adalah brokoli, kubis, asparagus, kacang-kacangan, sereal diperkaya dan roti dan jeruk.
Kekurangan mengakibatkan anemia makrositik, dan peningkatan kadar homosistein. Kekurangan dalam hamil dapat menyebabkan cacat lahir. Suplemen ini sering direkomendasikan selama kehamilan.
Vitamin B12
Vitamin B12 membantu melancarksn sistem saraf, produksi energi dan sel-sel darah. Sumber Vitamin ini, juga disebut Sianokobalamin adalah daging sapi, hati sapi, ayam, kalkun, salmon liar, susu, keju dan telur. Karena B12 tidak ditemukan di sayuran atau buah-buahan, maka bagi orang vegetarian  perlu minum vitamin B12 yang berbentuk suplemen.
Kekurangan mengakibatkan anemia makrositik, elevated homocysteine, peripheral neuropathy, kurangnya kemampuan memori dan kognitif . Kemungkinan besar terjadi pada orang yang sudah tua, dikarenakan penyerapan melalui usus menurun karena faktor usia; the autoimmune disease pernicious anemia adalah penyebab umum lainnya. Juga dapat menyebabkan gejala mania dan psikosis. Dalam kasus ekstrim yang langka, dapat menyebabkan kelumpuhan.
Itulah beberapa manfaat dari Vitamin B dan makanan yang mengandung vitamin B. untuk itu kita diharapkan selektif dalam memilih makanan sehat yang ada

  1. Buah Jambu. Buah jambu merupaan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik. Buah jambu biji menyediakan 376 mg Vitamin C perbuah berukuran besar. 

  2. Buah mangga. Buah mangga termasuk kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berbeda-beda, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik walaupun tidak sebanyak buah jeruk. 

  3. Paprika merah. Vitamin C tidak hanya ditemukan dalam buah saja, tetapi dalam sayuran juga. Paprika merah adalah salah satu makanan sumber vitamin C yang sangat bagus. Sayur yang satu ini memang diketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu 142 mg Vitamin C dalam 1 /2 cangkir.  

  4. Buah Kiwi. 128 mg Vitamin C dalam 2 buah. Hanya satu buah kiwi berukuran kecil memiliki kandungan vitamin C yang sama  dengan buah  jeruk berukuran besar. Anda membutuhkan setidaknya dua buah kiwi untuk memenuhi asupan vitamin C harian anda. 

  5. Brokoli. Selain paprika sayur yang satu ini juga merupakan sumber vitamin C yang cukup baik. Dalam satu cangkir brokoli setidaknya menyediakan 100 mg Vitamin C. 

  6. Buah Pepaya. Makanan yang mengandung vitamin C yang selanjutnya adalah buah pepaya. Dalam satu cangkir irisan buah pepaya menyediakan 86 mg Vitamin C. Selain mengandung vitamin C buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk mata. Buah pepaya juga mengandung papain yang membantu pencernaan, untuk itu buah pepaya merupakan salah satu buah untuk diet yang sangat cocok.

  7.  Buah Melon. Kebanyakan buah melon mengandung vitamin C. Hanya satu cangkir buah melon mengandung  67 mg vitaminC  selain itu buah melon juga memiliki kandungan vitamin A dan juga kalium. Selain itu, buah semangka adalah sumber yang baik vitamin C. 

  8. Buah tomat.Buah tomat merah  adalah sumber  Vitamin C yang sudah kita ketahui dari dulu. Hanya satu porsi (100 gram) memberikan  lebih dari 100 mg vitamin C. Ini sama dengan 170 % dari kebutuhan kita sehari-hari. 

  9. Buah Strawberry. Strawberry  mengandung tinggi vitamin C. Hanya satu porsi memberikan  sekitar setengah dari kebutuhan vitamin C  harian anda.  Buah yang satu ini juga mengandung tinggi serat dan antioksidan yang bertanggung jawab untuk mengurangi stres oksidatif dan melindungi jantung dari kolesterol LDL yang berlebihan.  

  10. Buah nanas. Buah nanas banyak mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A dan C yang berguna sebagai antioksidan alami. Selain kaya dengan aneka vitamin buah nanas Juga mengandung beberapa mineral penting diantaranya: kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain.

  11. Makanan yang mengandung vitamin C yang selanjutnya adalah blewah. Blewah biasanya dijadikan sebagai pelengkap es buah karena rasanya yang menyegarkan. Kandungan Vitamin C dalam buah blewah memang tidak terlalu tinggi karena hanya menyediakan  42,2 mg vitamin C perporsi.  Akan tetapi walaupun demikian buah blewah juga bisa anda jadikan sebagai tambahan sumber vitamin C anda. 

    Sayuran yang Mengandung Vitamin D

    Hanya ada satu jenis sayuran yang mengandung vitamin D. Karena paling alami sumber vitamin adalah dari hewani yang akan dibahas nanti dibawah ini. Paling mudah memang terpapar sinar matahari untuk memperoduksi vitamin D dalam tubuh melalui sel-sel kulit. Jadi jangan cemas juga untuk memilih kebutuhan vitamin D dengan asupan sayuran. Karena memang sayuran tidak mengandung vitamin D kecuali jamur (walaupun tidak semua orang suka jamur serta tidak semua tempat ditemukan atau disajikan jamur untuk dijual atau dimasak).

    Jamur

    Di Negara barat jamur sudah menjadi makanan kalengan. Disana kadar vitamin D yang terkandung dalam satu kaleng jamur adalah 168 UI lebih sedikit dibandingkan kandungan kadar pada jus jeruk. Sedangkan pada jamur putih mengandung kadar vitamin D sampai 164 UI per kalengnya. Jamur sendiri tumbuh dengan sedikit cahaya matahari. Dengan memaparkannya saat dipanen selama 4 sampai 8 hari dapat menghasilkan vitamin D2 pada jamur. Hal ini dilakukan pada jamur putih maupun jamur coklat. Bahkan penelitian telah menemukan bahwa vitamin D yang terkandung pada jamur hasil paparan sinar matahari ini memiliki kadar vitamin D sampai 400 UI. Jenis jamur yang bisa Anda konsumsi adalah jamur shitake, jamur putih, jamur itali, jamur coklat, jamur enoki, jamur morel, jamur oyster, dan jamur portabella.

    Contoh Vitamin D pada Sumber Hewani

    Sudah tahu kan bahwa vitamin D pada sayuran itu sangat sedikit. Hanya terdapat pada jamur. Bagaimana dengan sumber vitamin D pada hewani? Vitamin D yang terkandung pada hewan ternyata cukup banyak. Seperti pada daging sapi, dada ayam, ikan teri, ikan cod, ikan herring, ikan sarden, dan kambing. Untuk Anda yang tidak kesulitan mendapatkan ikan salmon, Anda bisa memasaknya dengan porsi 3,5 ons akan memberikan setidaknya 90% kebutuhan vitamin D tubuh akan terpenuhi. Minyak ikan terutama minyak ikan kod mampu menghasilkan kadar vitamin D sebanyak 1.360 melebihi sampai 300% nilai kebutuhan vitamin D untuk tubuh.
    Ikan lainnya yang juga tinggi vitamin D untuk dikonsumsi adalah salmon dan makarel. Jenis ikan ini jika dikonsumsi sebanyak 3,5 ons akan memberikan masing-masing vitamin D sebanyak 360 UI dan 345 UI. Sedangkan ikan sarden dan ikan herring mampu memberikan kebutuhan vitamin D anda sampai 70%. Sedangkan ikan tuna sebanyak 3 ons perhari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D anda sampai 50%.
    Selain produk ikan, produk daging juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D Anda. Seperti telur yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Untuk konsumsi satu telur saja perhari Anda mampu mendapatkan kadar vitamin D dalam tubuh sebanyak 10% setiap satu butir telur. Olahan susu juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian anda. Susu dapat memenuhi 13% atau setara 52 IU vitamin D setiap penyajian 100 gr atau 32% lebih jika disajikan dalam bentuk cair dalam kadar 1 gelas. Jangan takut untuk memenuhi dengan olahan masakan dengan mentega karena mampu memenuhi anda dengan 2% kebutuhan harian anda.

    Sinar Matahari Adalah Aktivator Penting Provitamin D Dalam Tubuh

    Ternyata dalam tubuh yang mengandung provitamin D yang harus diaktifkan dengan menyinari tubuh dengan sinar matahari. Dengan memaparkan tubuh setidaknya 10 sampai 15 menit terkena sinar matahari sudah mampu merubah provitamin D menjadi vitamin D. Sinar matahari yang mengenai sel kulit akan mengubah provitamin D ini menjadi vitamin D. Jadi jangan takut untuk terkena sinar matahari karena mampu menjadikan tulang tumbuh dengan benar. Banyaknya penyakit pada anak karena kekurangan vitamin D ini karena orang tuanya tidak mengajaknya bermain terkena sinar matahari. Penyakit bisa diderita seperti osteoporosis, osteomalasia, bahkan diare dan dehidrasi. Jadi konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D yang mampu membuat tubuh Anda kuat dan sehat.
    Bagaimana? Anda yang suka makan daging, makan ikan? Telur? Keju? Ternyata tidak semua mitos yang mengatakan banyak makan makanan daging membuat kondisi tubuh memburuk. Buktinya vitamin D hanya ditemukan di satu jenis sayuran (jamur) dan banyak di jenis daging hewani.

    List buah yang mengandung vitamin e

    Di bawah ini hanya beberapa jenis buah buahan yang memiliki vitamin e yang akan kami sajikan untuk anda.
  12. Biji bunga matahari
  13. Paprika
  14. Kacang tanah
  15. Bayam
  16. Brokoli
  17. Kiwi
  18. Buah mangga
  19. Buah tomate
  20. Buah labu
  21. kacang (seperti almon dan hazelnut)
nah itulah beberapa list buah yang banyak mengandung vitamin e yang semoga bermanfaat untuk anda dan bisa di jadikan referensi anda sebelum membeli buah buahan dan sayuran yang banyak memiliki vitamin.

Artikel Terkait dengan buah yang mengandung vitamin e dan manfaatnya

Buah Yang Mengandung Vitamin C
Buah Yang Mengandung Vitamin CBuah yang mengandung vitamin C – vitamin yang sering kita dengar adalah berfungsi mencegah sariawan, namun vitamin C ini memiliki manfaat yang lain. Vitamin C ...
manfaat vitamin E selain buat kecantikan kulit
manfaat vitamin E selain buat kecantikan kulitManfaat vitamin E saat ini dikenal dan selalu dihubungkan dengan kesehatan kulit. Dengan vitamin tersebut, menunjang proses kecantikan, memperlambat proses penuaan, menghaluskan kulit dan manfaat ...
Antioksidan Dalam Jeruk Atasi Penuaan Dini
Antioksidan Dalam Jeruk Atasi Penuaan DiniBanyak orang sudah mengenal jeruk sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Ternyata kadar vitamin C yang tinggi sangat baik dan
 Plum
Selain sebagai sumber antioksidan, plum juga bermanfaat untuk mengobati penyakit sembelit.

Kismis dan anggur
Anggur mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung. Sementara kismis yang berasal dari buah anggur yang dikeringkan juga mempunyai manfaat yang sama.

Blueberry dan blackberry
Selain mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, buah beri ini juga memiliki zat antioksidan yang cukup kuat. Mengonsumsi secangkir buah blackberry dan blueberry dapat bermanfaat untuk mencegah kanker, kerusakan otak, dan kolesterol tinggi.

Stroberi
Stroberi adalah salah satu buah yang memiliki konsentrasi antioksidan yang cukup tinggi. zat antioksidan yang ada di dalam stroberi bermanfaat untuk melawan kanker, kolesterol jahat, dan penyakit jantung. Para ibu hamil juga disarankan untuk rajin mengonsumsi stroberi sebab kandungan asam folat di dalamnya baik untuk kesehatan janin.

Kiwi
Vitamin A dan vitamin E adalah dua zat antioksidan yang paling banyak ditemukan dalam buah kiwi. Kedua vitamin ini akan memberikan perlindungan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Kiwi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tekanan darah, dan menyehatkan pencernaan.

Zat antioksidan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi jangan ragu untuk memasukkan buah-buahan di atas sebagai menu camilan sehat Anda
1. Kurma
Sebutir buah kurma mempunyai kandungan kalium yang cukup besar, yakni 167 miligram. Bagaimana jika kita mengonsumsinya lebih dari 5 butir sehari? Tentunya buah yang kaya akan serat ini dapat menandingi jumlah kalium pada pisang.
2. Alpukat
Buah ini juga mengandung kalium yang tinggi. Satu buah alpukat saja mengandung 975 miligram kalium atau lebih dari separuh jumlah kandungan kalium pada pisang.
3. Aprikot Kering
Mungkin banyak dari anda yang asing dengan buah yang satu ini. Buah emas yang berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah ini tidak kaya akan Vitamin A dan Vitamin C, namun juga mengandung kalium yang cukup tinggi. Buah aprikot kering (melalui proses pengeringan) memiliki kandungan 257 miligram kalium setiap porsi seperempat cangkir.
4. Cantaloupe
Cantaloupe atau yang kita kenal dengan melon jingga mengandung kalium yang cukup tinggi. Satu porsi buah segar ini (134 grams) mengandung 358 miligram kalium. Lebihkan sedikit porsinya maka anda akan mendapatkan jumlah kalium yang setara dengan sebuah pisang.
5. Pepaya
Buah yang satu ini banyak dijumpai di Indonesia. Walaupun harganya terjangkau, namun pepaya memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan. Selain tinggi akan serat, pepaya juga tinggi akan kalium. Sepotong pepaya ukuran 2,5 cm mempunyai kandungan kalium sebanyak 264 miligram. Dengan menambahkan sepotong lagi, maka anda akan mendapatkan jumlah kalium lebih banyak dari pisang.
 Kedua jenis serat tersebut mampu mengurangi dan mencegah resiko stroke, hipertensi, dan penyakit jantung. Ada banyak makanan alami yang mengandung banyak serat seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan. Berikut adalah beberapa buah yang mengandung serat tertinggi dibandingkan dengan buah yang lain.

Apel
Apel merupakan buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Bahkan ada ungkapan yang menyebutkan bahwa 'an apples a day keeps the doctor away', yang berarti bahwa dengan mengonsumsi sebutir apel secara rutin maka Anda akan terhindar dari banyak masalah kesehatan. Sumber serat buah apel ternyata tidak hanya di daging buahnya saja, namun juga di kulitnya. Oleh karena itu jangan kupas apel saat akan memakannya. Namun pastikan bahwa Anda mencucinya terlebih dahulu.

Beri-berian
Buah beri terutama raspberry dan blueberry merupakan sumber serat yang tinggi. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mencampurnya dengan yogurt atau es krim. Selain itu buah beri juga rendah akan kalori.

Pisang
Pisang juga merupakan sumber serat yang baik dan buah ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Pisang juga baik untuk meningkatkan energi di dalam tubuh Anda.

Pir
Pir baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kandungan serat di dalamnya selain dapat menyehatkan pencernaan, juga mampu membuat Anda merasa cepat kenyang.

Alpukat
Alpukat tidak hanya mengandung vitamin dan asam lemak, namun kandungan serat di dalamnya juga cukup tinggi.

Jeruk
Tidak hanya sebagai sumber vitamin C, jeruk juga kaya akan serat. Serat yang dikandung jeruk baik untuk menghindarkan Anda dari penyakit sembelit.

Buah yang kaya akan serat baik untuk menu diet Anda dan yang paling penting dapat menghindarkan Anda dari resiko penyakit jantung atau stroke. Jadi, konsumsi serat mulai dari sekarang!

Sayur berdaun Hijau tua

Untuk meningkatkan asupan asam folat, tambahkan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi hijau, kale,  dan selada kedalam diet harian Anda. 1 cangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg folat atau 65 % dari kebutuhan perhari. 1 cangkir sawi hijau 177 mcg atau sekitar ( 44 %).

Asparagus

Makan hanya satu cangkir asparagus yang direbus akan memberikan 262 mcg folat, yang akan menyumbang sekitar 65 % dari kebutuhan harian Anda. Kandungan yang sama nutrisi ini ada pada bayam. Tidak hanya folat, asparagus juga kaya nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan Mangan.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga dikenal akan khasiatnya sebagai pendetox alami. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya satu cangkir brokoli sudah memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, belum lagi ditambah lagi dengan berbagai macam nutrisi penting lainnya. Direkomendasikan agar makan brokoli mentah organik, atau yang dikukus setengah matang.

Buah jeruk

Buah jeruk adalah golongan buah yang mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk memberikan sekitar 50 mcg asam folat, dan segelas besar jus jeruk mungkin akan memberikan lebih banyak. Buah-buahan lainnya yang termasuk adalah buah pepaya, anggur, pisang, melon dan stroberi. Berikut adalah daftar singkat dari buah-buahan tinggi nutrisi esensial ini.
Satu buah pepaya = 115 mcg  ( 29 % total kebutuhan harian)
Satu buah jeruk = 40 mcg ( 10 % total kebutuhan harian)
Satu jeruk bali = 30 mcg  (8 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Stroberi = 25 mcg (6,5 total kebutuhan harian)
1 cangkir Raspberry  = 14 mcg (4 % total kebutuhan harian)

Kacang-Kacangan

Buncis dan kacang polong adalah kacang-kacangan adalah makanan dari jenis kacang-kacangan yang tinggi akan senyawa ini. Kacang lainnya termasuk kacang pinto, kacang lima, kacang hijau, dan kacang merah. Hanya Semangkuk kecil dari setiap jenis kacang sudah bisa memberikan sebagian besar jumlah asupan harian asam folat yang direkomendasikan.

Alpukat

Buah alpukat yang lembut dan lezat ini mengandung hingga 90mcg folat per-cangkirnya, yaitu sudah menyumbang sekitar 22% dar kebutuhan harian. Tidak hanya itu, buah alpukat juga merupakan sumber yang baik lemak, vitamin K dan serat.

Kecambah

Kecambah mungkin bukan jenis sayuran favorit Anda. Namun ia adalah termasuk salah satu makanan yang Anda perlukan untuk memperoleh folat. Makan satu cangkir kecambah yang direbus akan memberikan sekitar 25% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Selain itu kecambah juga tinggi vitamin C , vitamin E, vitamin K , vitamin A , mangan dan kalium.

Biji-bijian

Semua biji-bijian, seperti biji labu, wijen, biji bunga matahari, biji rami, mengandung folat dengan jumlah yang sehat. Namun yang paling banyak adalah Biji bunga matahari dan biji rami, yaitu satu cangkirnya bisa memberikan hingga 300 mcg. Pada peringkat kedua tertinggi senyawa asam ini adalah Kacang almond.
¼ cangkir biji bunga matahari = 82 mcg  (21% total kebutuhan harian)
¼ cangkir kacang = 88 mcg (22 % total kebutuhan harian)
2 sdm biji rami = 54 mcg (14 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Almond  = 46 mcg ; makan (12 % total kebutuhan harian)

Bungkul

Bungkul atau bunga kol dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang mengandung vitamin C, tserta juga merupakan sumber asam folat. Makan hanya satu cangkir bungkul akan memberikan sekitar 55 mcg folat, atau 14 % dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Bit

Bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik, dan juga membantu detoxsifikasi tubuh. Sementara itu bit juga dikenal sebagai salah satu makanan sumber asam folat terbaik. Satu cangkir bit rebus  menyediakan sekitar 136 mcg , atau 34 % dari kebutuhan harian Anda.

 Labu

Labu mungkin bukanlah sayuran yang  populer dalam keluarga Anda, tetapi tidak ada yang menyangkal akan manfaat gizi dari labu. Labu adalah sayuran yang akan menyumbang kebutuhan total folat harian Anda sekitar 14%. 1 cangkir labu mengandung sekitar 57 mcg. Sementara itu, biji labu(kwaci) juga dikenal sebagai makanan terbaik sumber serat, omega 3, dan mineral penting lainnya.

Jagung

Jagung juga telah populer mengandung vitamin ini. Hanya satu cangkir jagung dimasak sudah akan memberikan sekitar 76 mcg, atau hampir 20 % dari kebutuhan harian Anda. Disarankan memilih sayuran organik segar, untuk sumber terbaik nutrisi ini.

Wortel dan tomat

Wortel merupakan sayuran yang sangat populer akan kandungan vitamin A-nya. Selain itu wortel juga mengandung sekitar hampir 5 % dari kebutuhan harian asam folat Anda. Makan wortel yang di jus, atau dicampur salad akan membantu untuk meningkatkan kebutuhan Anda. Tomat selain mengandung tinggi serat dan vitamin C, ia juga kaya akan asam folat. 1 cangkir jus tomat akan memberikan sekitar 49 mcg .
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/buah-dan-sayuran-yang-mengandung-asam-folat-tinggi.html#sthash.oV3SlG5g.dpuf

Sayur berdaun Hijau tua

Untuk meningkatkan asupan asam folat, tambahkan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi hijau, kale,  dan selada kedalam diet harian Anda. 1 cangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg folat atau 65 % dari kebutuhan perhari. 1 cangkir sawi hijau 177 mcg atau sekitar ( 44 %).

Asparagus

Makan hanya satu cangkir asparagus yang direbus akan memberikan 262 mcg folat, yang akan menyumbang sekitar 65 % dari kebutuhan harian Anda. Kandungan yang sama nutrisi ini ada pada bayam. Tidak hanya folat, asparagus juga kaya nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan Mangan.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga dikenal akan khasiatnya sebagai pendetox alami. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya satu cangkir brokoli sudah memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, belum lagi ditambah lagi dengan berbagai macam nutrisi penting lainnya. Direkomendasikan agar makan brokoli mentah organik, atau yang dikukus setengah matang.

Buah jeruk

Buah jeruk adalah golongan buah yang mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk memberikan sekitar 50 mcg asam folat, dan segelas besar jus jeruk mungkin akan memberikan lebih banyak. Buah-buahan lainnya yang termasuk adalah buah pepaya, anggur, pisang, melon dan stroberi. Berikut adalah daftar singkat dari buah-buahan tinggi nutrisi esensial ini.
Satu buah pepaya = 115 mcg  ( 29 % total kebutuhan harian)
Satu buah jeruk = 40 mcg ( 10 % total kebutuhan harian)
Satu jeruk bali = 30 mcg  (8 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Stroberi = 25 mcg (6,5 total kebutuhan harian)
1 cangkir Raspberry  = 14 mcg (4 % total kebutuhan harian)

Kacang-Kacangan

Buncis dan kacang polong adalah kacang-kacangan adalah makanan dari jenis kacang-kacangan yang tinggi akan senyawa ini. Kacang lainnya termasuk kacang pinto, kacang lima, kacang hijau, dan kacang merah. Hanya Semangkuk kecil dari setiap jenis kacang sudah bisa memberikan sebagian besar jumlah asupan harian asam folat yang direkomendasikan.

Alpukat

Buah alpukat yang lembut dan lezat ini mengandung hingga 90mcg folat per-cangkirnya, yaitu sudah menyumbang sekitar 22% dar kebutuhan harian. Tidak hanya itu, buah alpukat juga merupakan sumber yang baik lemak, vitamin K dan serat.

Kecambah

Kecambah mungkin bukan jenis sayuran favorit Anda. Namun ia adalah termasuk salah satu makanan yang Anda perlukan untuk memperoleh folat. Makan satu cangkir kecambah yang direbus akan memberikan sekitar 25% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Selain itu kecambah juga tinggi vitamin C , vitamin E, vitamin K , vitamin A , mangan dan kalium.

Biji-bijian

Semua biji-bijian, seperti biji labu, wijen, biji bunga matahari, biji rami, mengandung folat dengan jumlah yang sehat. Namun yang paling banyak adalah Biji bunga matahari dan biji rami, yaitu satu cangkirnya bisa memberikan hingga 300 mcg. Pada peringkat kedua tertinggi senyawa asam ini adalah Kacang almond.
¼ cangkir biji bunga matahari = 82 mcg  (21% total kebutuhan harian)
¼ cangkir kacang = 88 mcg (22 % total kebutuhan harian)
2 sdm biji rami = 54 mcg (14 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Almond  = 46 mcg ; makan (12 % total kebutuhan harian)

Bungkul

Bungkul atau bunga kol dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang mengandung vitamin C, tserta juga merupakan sumber asam folat. Makan hanya satu cangkir bungkul akan memberikan sekitar 55 mcg folat, atau 14 % dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Bit

Bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik, dan juga membantu detoxsifikasi tubuh. Sementara itu bit juga dikenal sebagai salah satu makanan sumber asam folat terbaik. Satu cangkir bit rebus  menyediakan sekitar 136 mcg , atau 34 % dari kebutuhan harian Anda.

 Labu

Labu mungkin bukanlah sayuran yang  populer dalam keluarga Anda, tetapi tidak ada yang menyangkal akan manfaat gizi dari labu. Labu adalah sayuran yang akan menyumbang kebutuhan total folat harian Anda sekitar 14%. 1 cangkir labu mengandung sekitar 57 mcg. Sementara itu, biji labu(kwaci) juga dikenal sebagai makanan terbaik sumber serat, omega 3, dan mineral penting lainnya.

Jagung

Jagung juga telah populer mengandung vitamin ini. Hanya satu cangkir jagung dimasak sudah akan memberikan sekitar 76 mcg, atau hampir 20 % dari kebutuhan harian Anda. Disarankan memilih sayuran organik segar, untuk sumber terbaik nutrisi ini.

Wortel dan tomat

Wortel merupakan sayuran yang sangat populer akan kandungan vitamin A-nya. Selain itu wortel juga mengandung sekitar hampir 5 % dari kebutuhan harian asam folat Anda. Makan wortel yang di jus, atau dicampur salad akan membantu untuk meningkatkan kebutuhan Anda. Tomat selain mengandung tinggi serat dan vitamin C, ia juga kaya akan asam folat. 1 cangkir jus tomat akan memberikan sekitar 49 mcg .
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/buah-dan-sayuran-yang-mengandung-asam-folat-tinggi.html#sthash.oV3SlG5g.dpuf

Sayur berdaun Hijau tua

Untuk meningkatkan asupan asam folat, tambahkan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi hijau, kale,  dan selada kedalam diet harian Anda. 1 cangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg folat atau 65 % dari kebutuhan perhari. 1 cangkir sawi hijau 177 mcg atau sekitar ( 44 %).

Asparagus

Makan hanya satu cangkir asparagus yang direbus akan memberikan 262 mcg folat, yang akan menyumbang sekitar 65 % dari kebutuhan harian Anda. Kandungan yang sama nutrisi ini ada pada bayam. Tidak hanya folat, asparagus juga kaya nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan Mangan.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga dikenal akan khasiatnya sebagai pendetox alami. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya satu cangkir brokoli sudah memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, belum lagi ditambah lagi dengan berbagai macam nutrisi penting lainnya. Direkomendasikan agar makan brokoli mentah organik, atau yang dikukus setengah matang.

Buah jeruk

Buah jeruk adalah golongan buah yang mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk memberikan sekitar 50 mcg asam folat, dan segelas besar jus jeruk mungkin akan memberikan lebih banyak. Buah-buahan lainnya yang termasuk adalah buah pepaya, anggur, pisang, melon dan stroberi. Berikut adalah daftar singkat dari buah-buahan tinggi nutrisi esensial ini.
Satu buah pepaya = 115 mcg  ( 29 % total kebutuhan harian)
Satu buah jeruk = 40 mcg ( 10 % total kebutuhan harian)
Satu jeruk bali = 30 mcg  (8 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Stroberi = 25 mcg (6,5 total kebutuhan harian)
1 cangkir Raspberry  = 14 mcg (4 % total kebutuhan harian)

Kacang-Kacangan

Buncis dan kacang polong adalah kacang-kacangan adalah makanan dari jenis kacang-kacangan yang tinggi akan senyawa ini. Kacang lainnya termasuk kacang pinto, kacang lima, kacang hijau, dan kacang merah. Hanya Semangkuk kecil dari setiap jenis kacang sudah bisa memberikan sebagian besar jumlah asupan harian asam folat yang direkomendasikan.

Alpukat

Buah alpukat yang lembut dan lezat ini mengandung hingga 90mcg folat per-cangkirnya, yaitu sudah menyumbang sekitar 22% dar kebutuhan harian. Tidak hanya itu, buah alpukat juga merupakan sumber yang baik lemak, vitamin K dan serat.

Kecambah

Kecambah mungkin bukan jenis sayuran favorit Anda. Namun ia adalah termasuk salah satu makanan yang Anda perlukan untuk memperoleh folat. Makan satu cangkir kecambah yang direbus akan memberikan sekitar 25% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Selain itu kecambah juga tinggi vitamin C , vitamin E, vitamin K , vitamin A , mangan dan kalium.

Biji-bijian

Semua biji-bijian, seperti biji labu, wijen, biji bunga matahari, biji rami, mengandung folat dengan jumlah yang sehat. Namun yang paling banyak adalah Biji bunga matahari dan biji rami, yaitu satu cangkirnya bisa memberikan hingga 300 mcg. Pada peringkat kedua tertinggi senyawa asam ini adalah Kacang almond.
¼ cangkir biji bunga matahari = 82 mcg  (21% total kebutuhan harian)
¼ cangkir kacang = 88 mcg (22 % total kebutuhan harian)
2 sdm biji rami = 54 mcg (14 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Almond  = 46 mcg ; makan (12 % total kebutuhan harian)

Bungkul

Bungkul atau bunga kol dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang mengandung vitamin C, tserta juga merupakan sumber asam folat. Makan hanya satu cangkir bungkul akan memberikan sekitar 55 mcg folat, atau 14 % dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Bit

Bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik, dan juga membantu detoxsifikasi tubuh. Sementara itu bit juga dikenal sebagai salah satu makanan sumber asam folat terbaik. Satu cangkir bit rebus  menyediakan sekitar 136 mcg , atau 34 % dari kebutuhan harian Anda.

 Labu

Labu mungkin bukanlah sayuran yang  populer dalam keluarga Anda, tetapi tidak ada yang menyangkal akan manfaat gizi dari labu. Labu adalah sayuran yang akan menyumbang kebutuhan total folat harian Anda sekitar 14%. 1 cangkir labu mengandung sekitar 57 mcg. Sementara itu, biji labu(kwaci) juga dikenal sebagai makanan terbaik sumber serat, omega 3, dan mineral penting lainnya.

Jagung

Jagung juga telah populer mengandung vitamin ini. Hanya satu cangkir jagung dimasak sudah akan memberikan sekitar 76 mcg, atau hampir 20 % dari kebutuhan harian Anda. Disarankan memilih sayuran organik segar, untuk sumber terbaik nutrisi ini.

Wortel dan tomat

Wortel merupakan sayuran yang sangat populer akan kandungan vitamin A-nya. Selain itu wortel juga mengandung sekitar hampir 5 % dari kebutuhan harian asam folat Anda. Makan wortel yang di jus, atau dicampur salad akan membantu untuk meningkatkan kebutuhan Anda. Tomat selain mengandung tinggi serat dan vitamin C, ia juga kaya akan asam folat. 1 cangkir jus tomat akan memberikan sekitar 49 mcg .
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/buah-dan-sayuran-yang-mengandung-asam-folat-tinggi.html#sthash.oV3SlG5g.dpuf

Sayur berdaun Hijau tua

Untuk meningkatkan asupan asam folat, tambahkan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi hijau, kale,  dan selada kedalam diet harian Anda. 1 cangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg folat atau 65 % dari kebutuhan perhari. 1 cangkir sawi hijau 177 mcg atau sekitar ( 44 %).

Asparagus

Makan hanya satu cangkir asparagus yang direbus akan memberikan 262 mcg folat, yang akan menyumbang sekitar 65 % dari kebutuhan harian Anda. Kandungan yang sama nutrisi ini ada pada bayam. Tidak hanya folat, asparagus juga kaya nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan Mangan.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga dikenal akan khasiatnya sebagai pendetox alami. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya satu cangkir brokoli sudah memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, belum lagi ditambah lagi dengan berbagai macam nutrisi penting lainnya. Direkomendasikan agar makan brokoli mentah organik, atau yang dikukus setengah matang.

Buah jeruk

Buah jeruk adalah golongan buah yang mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk memberikan sekitar 50 mcg asam folat, dan segelas besar jus jeruk mungkin akan memberikan lebih banyak. Buah-buahan lainnya yang termasuk adalah buah pepaya, anggur, pisang, melon dan stroberi. Berikut adalah daftar singkat dari buah-buahan tinggi nutrisi esensial ini.
Satu buah pepaya = 115 mcg  ( 29 % total kebutuhan harian)
Satu buah jeruk = 40 mcg ( 10 % total kebutuhan harian)
Satu jeruk bali = 30 mcg  (8 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Stroberi = 25 mcg (6,5 total kebutuhan harian)
1 cangkir Raspberry  = 14 mcg (4 % total kebutuhan harian)

Kacang-Kacangan

Buncis dan kacang polong adalah kacang-kacangan adalah makanan dari jenis kacang-kacangan yang tinggi akan senyawa ini. Kacang lainnya termasuk kacang pinto, kacang lima, kacang hijau, dan kacang merah. Hanya Semangkuk kecil dari setiap jenis kacang sudah bisa memberikan sebagian besar jumlah asupan harian asam folat yang direkomendasikan.

Alpukat

Buah alpukat yang lembut dan lezat ini mengandung hingga 90mcg folat per-cangkirnya, yaitu sudah menyumbang sekitar 22% dar kebutuhan harian. Tidak hanya itu, buah alpukat juga merupakan sumber yang baik lemak, vitamin K dan serat.

Kecambah

Kecambah mungkin bukan jenis sayuran favorit Anda. Namun ia adalah termasuk salah satu makanan yang Anda perlukan untuk memperoleh folat. Makan satu cangkir kecambah yang direbus akan memberikan sekitar 25% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Selain itu kecambah juga tinggi vitamin C , vitamin E, vitamin K , vitamin A , mangan dan kalium.

Biji-bijian

Semua biji-bijian, seperti biji labu, wijen, biji bunga matahari, biji rami, mengandung folat dengan jumlah yang sehat. Namun yang paling banyak adalah Biji bunga matahari dan biji rami, yaitu satu cangkirnya bisa memberikan hingga 300 mcg. Pada peringkat kedua tertinggi senyawa asam ini adalah Kacang almond.
¼ cangkir biji bunga matahari = 82 mcg  (21% total kebutuhan harian)
¼ cangkir kacang = 88 mcg (22 % total kebutuhan harian)
2 sdm biji rami = 54 mcg (14 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Almond  = 46 mcg ; makan (12 % total kebutuhan harian)

Bungkul

Bungkul atau bunga kol dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang mengandung vitamin C, tserta juga merupakan sumber asam folat. Makan hanya satu cangkir bungkul akan memberikan sekitar 55 mcg folat, atau 14 % dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Bit

Bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik, dan juga membantu detoxsifikasi tubuh. Sementara itu bit juga dikenal sebagai salah satu makanan sumber asam folat terbaik. Satu cangkir bit rebus  menyediakan sekitar 136 mcg , atau 34 % dari kebutuhan harian Anda.

 Labu

Labu mungkin bukanlah sayuran yang  populer dalam keluarga Anda, tetapi tidak ada yang menyangkal akan manfaat gizi dari labu. Labu adalah sayuran yang akan menyumbang kebutuhan total folat harian Anda sekitar 14%. 1 cangkir labu mengandung sekitar 57 mcg. Sementara itu, biji labu(kwaci) juga dikenal sebagai makanan terbaik sumber serat, omega 3, dan mineral penting lainnya.

Jagung

Jagung juga telah populer mengandung vitamin ini. Hanya satu cangkir jagung dimasak sudah akan memberikan sekitar 76 mcg, atau hampir 20 % dari kebutuhan harian Anda. Disarankan memilih sayuran organik segar, untuk sumber terbaik nutrisi ini.

Wortel dan tomat

Wortel merupakan sayuran yang sangat populer akan kandungan vitamin A-nya. Selain itu wortel juga mengandung sekitar hampir 5 % dari kebutuhan harian asam folat Anda. Makan wortel yang di jus, atau dicampur salad akan membantu untuk meningkatkan kebutuhan Anda. Tomat selain mengandung tinggi serat dan vitamin C, ia juga kaya akan asam folat. 1 cangkir jus tomat akan memberikan sekitar 49 mcg .
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/buah-dan-sayuran-yang-mengandung-asam-folat-tinggi.html#sthash.oV3SlG5g.dpuf

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2QBS8Ez

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates